Rabu, 18 September 2013

pembuatan tape dan alat destilasi sederhana untuk bioetanol

      

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam pembuatan bioetanol adalah membuat alkoholl dari bahan alam. Dalam percobaan ini bahan yang digunakan adalah ketan hitam yang akan kita fermentasikan menjadi tape ketan hitam dan alcohol. Berikut langkah – langkah membuat tape ketan hitam.
      1.       Siapkan beras ketan hitam ½ L dan cuci hingga benar – benar bersih, kemudian rendam dalam air ± 20 menit
      2.       Kukus beras ketan hitam tersebut sampai matang, lalu pindahkan ke wadah (seperti tuperware) yang alasnya telah dilapisi dengan daun pisang. Diamkan sampai ketan hitamnya dingin
      3.       Bila ketan hitam telah dingin potong ragi menjadi 2 bagian, (gunakan 1 bagian ragi saja untuk memfermentasikan ketan hitam) tumbuk ragi tersebut hingga halus kemudian taburkan dengan merata ke seluruh permukaan ketan hitam.
      4.       Tutup dengan rapat ketan hitam yang telah diragikan dan jangan sampai ada udara yang masuk. Lalu simpan di suhu ruang selama 1 minggu.
      5.       Setelah 1 minggu saring alcohol yang telah muncul dalam tape tersebut dan ukur volumenya.
Selagi menunggu proses fermentasi kita bisa membuat alat destilasi secara sederhana dengan alat – alat yang ada dalam kehidupan kita sehari – hari. Berikut cara pembuatan alat destilasi sederhanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar