Selasa, 03 September 2013

Alat-alat Kimia di Laboratorium


Thermo haake P14 inkubator

 
Pemandian kaku yang terbuat dari oksida polyphenylene di modifikasi(PPO) dantahan panas sampai dengan100C. Dikombinasikan dengan C10 unit kontrol suhu dan DC10, mereka mandi circulators terbuka yang mudah digunakan, dengan air sebagai cairan perpindahan panas. Pemandian tersebut memiliki grip terintegrasi dan pelat jembatan untuk memperbaiki circulator untuk mandi.

 

CENTRIFUGE

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Adalah alat yang digunakan untuk memisahkan cairan dari ampasnya (cara kerjanya mirip saringan atau sedimentasi, pengendapan). Mesin ini digunakan untuk isolasi DNA/RNA, protein atau zat-zat cair lainnya dari bakteri, ragi, hewan atau tanaman. Di laboratorium centrifuge ini dilengkapi dengan alat pengatur suhu dan kecepatan.

 
 
 
LEMARI ASAM
 
 
Sebagai tempat melakukan reaksi kimia yang menghasilkan gas/uap/kabut, dan tempat untuk penggunaan bahan kimia yang mudah menguap (asam, oksidator kuat).

 
Heidolph MR 3001 K - Hotplate and stirrer
 
Adalah standar stirrer untuk setiap laboratorium. Hotplate terbuat dari silum (aluminium alloy) untuk memindahkan panas dan memungkinkan untuk mengontrol suhu hotplate. Tugas berat magnet pengaduk di bar aduk bekerja dengan mudah. Kecepatan kontol elektronik melesat hingga 1.250 rpm dan ketepatan 3% .
 
 
 
Corong pisah
 
 
adalah peralatan laboratorium yang digunakan dalam ekstraksi cair-cair untuk memisahkan komponen-komponen dalam suatu campuran antaa dua fase pelarut dengan densitas berbeda yang tak campur.
 
 
 
HANNA instrumen- Portable Logging Turbidity Meter
 
HANNA instrumen digunakan untuk mengukur kekeruhan air dalam berbagai aplikasi, bisa dari air minum ke pengolahan air limbahdengan mengunakan nilai 10* FTU sebagai titik kalibrasi. HANNA instrumen menggunakan standar utama AMCO-AEPA-1 untuk menghindari semua formazine masalah yang terkait ( formazine adalah zat yang sangat beracun tidak stabil yang memerlukan perhatian khusus, dengan standar yang dipersiapkan hanya beberapa menit sebelum melakukan kalibrasi, dan tidak dapat digunakan kembali karena kehidupan mereka sangat singkat). Standar ini sangat sabil  , dapat digunakan kembali, dan bertahan hingga enam bulan jika bebas dari kontaminasi.
 
 
 
MEMMERT OVEN 53L EXCELENT

 

Merupakan salah satu seri laboratorium oven dari Memmer sebagai penyedia alat laboratorium di Indonesia. Oven universal yang berlaku adalah alat klasik kami untuk kontrol suhu dalam tes ilmu pengetahuan, penelitian dan material dalam industri. Karya teknologi disempurnakan terbuat dari berkualitas tinggi, higienis, mudah-ke-bersih stainless steel meninggalkan apa-apa yang diinginkan dalam hal teknologi ventilasi dan kontrol, lebih dari perlindungan suhu dan teknologi pemanasan disesuaikan dengan teliti.
 
 
Stattif buret
 

Buret digunakan untuk meneteskan sejumlah reagen cair dalam eksperimen yang memerlukan presisi, seperti pada eksperimen titrasi. Buret sangatlah akurat , buret kelas A memiliki akuransi sampai dengan 0,05 cm . Oleh karena presisi buret yang tinggi, kehati-hatian pengukuran volume dengan buret sangatlah oenting untuk menghindari galat sistemtik. Ketika membaca buret, mata harus tegak lurus dengan permukaan cairan untuk menghindari galat pralaks. Dan Statis digunakan untuk menahan buret (meletakan buret) pada waktu titrasi.
 
 
Thermolyne Cimanec Stirrer
 

Cimanec stirrer ini Merupakan pengaduk yang ideal untuk aplikasi dimana presisi adalah yang terpenting. Mesin pengadukan bekerja konstan meskipun terjadi perubahan viskositas dan menghasilkan putaran kuat. Selain itu pengaduk ini memiliki kontrol baik dari kecepatan lambat dan rem pengaduk dapat memberhentikan pengaduk bar dari kecepatan apapun. Atas keramik berwarna putih dan halus, yang dirancang untuk menyalurkan tumpahan agar menjauh dari elektronik dan meningkatkan visibilitas perubahan colormetic dalam botol. Cincin yang berdiri terintegrasi dan kabel lepas. Tampilan digital menunjukkan pengaturan suhu yang mudah dibaca, diatur dalam 5increments, dari 5 sampai dengan 540C (41 sampai 1004F). Tiga ukuran menawarkan fleksibilitas dari kimia mikro untuk kapal yang lebih besar. Rugged low-profile cor body aluminium memberikan stabilitas dan daya tahan.
 
 
Gelas ukur Iwaki 100ml
 
 

Fungsi dan penggunaan dari gelas ukur (gelas kimia) di laboratorium adalah sebagai alat ukur volume cairan yang tidak memerlukan ketelitian yang tinggi. Gelas transparan ini tentu tidak asing bagi para siswa sekolah yang telah melakukan uji laboratorium. Terdapat berbagai ukuran gelas ukur ini, mulai dari 5 mL sampai 2 Liter, bahkan sekarang ada juga yang lebih besar.

Sebuah gelas ukur, pengukur silinder atau yang bisa juga disebut silinder pencampur adalah bagian dari peralatan laboratorium yang digunakan untuk mengukur volume cairan. Gelas ukur umumnya lebih akurat dan tepat dari termos laboratorium dan gelas. Namun, mereka kurang akurat dan tepat dari gelas volumetrik, seperti labu ukur (volumetric flask) atau pipet volumetrik. Untuk alasan ini, gelas ukur tidak boleh digunakan untuk melakukan analisis volumetrik. Gelas ukur ini kadang-kadang digunakan secara tidak langsung untuk mengukur volume solid dengan mengukur perpindahan atau kenaikan cairan.


Sumber : praktikum-organik.blogspot.com/2012/09/instrument.html



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar